Tuesday, November 11, 2008

Komunitas Kolektor Rokok

Penulusuran dan perjalanan keinginan yang tidak terbendung dimana, pada suatu titik kita harus menentukan arah mana yang akan kita tempuh, kiri kanan, atas bawah, hutan, kota, laut, sungai. Tapi ada kalanya kita harus mengambil semua arah pada saat semua arah sudah kita lalui. Kesempatan untuk menentukan arah itu ada pada diri kita. Sama halnya dengan penulusuran saya ketika awal tahun 2004, pada saat itu saya ingin mencari merk-merk rokok yang tidak lazim di pasaran atau jarang di temui di pasaran yang biasanya rokok tersebut beredar di pedesaan atau perkampungan tapi pernah juga saya menemukan rokok yang beredar di perkotaan. Padahal saya bukan termasuk type perokok tapi saya cukup senang dengan hoby ini. Ternyata hoby ini berlanjut hingga saat ini, walaupun koleksi rokok saya hanya sedikit tapi cukup menyenangkan, karena dengan merk-merk tersebut dapat memeberikan inspirasi serta kelucuan dan rasa humor yang OK !

Tapi untuk menemukan rokok-rokok tersebut kadang banyak menimbulkan banyak cerita, dan rokok-rokok yang saya punya tidak semuanya hasil hunting sendiri ada juga beberapa teman-teman yang membawakannya, ketika mereka melakukan perjalanan khususnya ke wilayah jawa tengah dan jawa timur, ada juga yang memberikan kemasannya saja karena isi dari rokok tersebut sudah di hisap teman.
Sampai saat ini masih sibuk lirik kiri kanan jalan yang ada warung, sejenak terhenti ketika ada beberapa merk yang belum pernah saya jumpai. Dengan hasil hunting sudah terkumpul beberapa merk rokok tapi saya bingung untuk menempatkan dimana koleksi saya, untuk sementara ini mereka saya tempatkan pada kardus bekas sepatu istri saya. Cukup aman sementara waktu di simpan dalam kardus tersebut tapi saya harus tetap menjaga kondisi mereka dengan memberikannya Cilika Gel agar mereka tetap terjaga kemasannya, dan kondisi tembakaunya.




Pada pertengahan tahun 2008 berdiri berdiri mailinglist komunitas kolektor rokok kolektor-rokok@yahoogroups.com. Awalnya saya ikut nimbrung ngomongin tentang merk-merk rokok blog www.bandarbarang.wordpress.com, ternyata banyak juga yang punya hoby seperti saya, dan pada suatu sore dapat SMS kalo ga salah dari Mas Dedy yang punya ide untuk membentuk komunitas kolektor rokok. Dan bergabunglah saya dengan komunitas kolektor rokok tersebut, disitu kita banyak tukar menukar informasi tentang merk-merk rokok ada juga yang barteran rokok karena diantara kolektor ada yang mempunyai beberapa double. Pada tgl 19 Oktober 2008 milist mengadakan Halal Bihalal (KOPDAR) dan pendeklarasian Komunitas Kolektor Rokok yang bertempat di rumahnya Mas Medi di bilangan Cireundeu Ciputat Tangerang, tapi sayang saya tidak bisa hadir karena ada sesuatu hal putra saya sakit, jadi saya harus tinggal diam di rumah…… tapi saya cukup gembira dengan hasil yang di bentuk oleh rekan-rekan di milist.

Festival Kretek , 15 Maret 2009 @ O LaLa Cafe Bintao

1 comment:

Tristan Langit Ramadhan said...

Mas Hadee, mantap koleksinya, sudah berapa banyak? saya masih punya beberapa dobelan, kalau berminat barteran nanti saya kirim japri, siapa tau belum punya.

Kalau mau liat koleksi saya ada di sini : http://tristanlangit.multiply.com/
atau disini : http://s437.photobucket.com/albums/qq98/singgihpermono/

singgih/riau